Selasa, 18 Juli 2023

Nyck de Vries, Pembalap F1 Berdarah Belanda-Indonesia yang Didepak AlphaTauri

sekilasf1 |  Kabar tak mengenakkan datang dari Nyck de Vries. Pembalap Belanda berdarah Indonesia ini didepak dari Scuderia AlphaTauri menjelang Formula 1 GP Hungaria di Budapest pada 21-23 Juli 2023. De Vries didepak karena dinilai tak kunjung meraih hasil memuaskan dalam 10 seri pertama musim ini.

De Vries yang kini berusia 28 tahun, tadinya merupakan pembalap junior McLaren. Pada 2019, yakni tahun di mana ia menjadi juara Formula 2, de Vries juga berlaga di Formula E bersama Mercedes-Benz EQ. Pada 2020, ia dapat kans mengikuti Young Driver Test F1 bersama Mercedes.

Pada 2021, de Vries digaet oleh Mercedes untuk menjadi salah satu pembalap cadangannya di F1. Pada tahun yang sama, de Vries sukses menjuarai Formula E. Sejak itu, de Vries kerap digadang-gadang bakal tampil di F1, meski usianya tak lagi muda menurut ukuran usia debutan.



Debut Sensasional Bersama Williams
Pada 2022, de Vries mendapatkan beberapa kesempatan berkendara dalam sesi latihan pertama (FP1) F1, yakni di Seri Spanyol bersama Williams Racing, serta di Seri Prancis dan Meksiko bersama Mercedes AMG Petronas. Namun, kejutan besar didapatkan de Vries di Seri Italia.

Dalam pekan balap tersebut, de Vries menjalani FP1 bersama Aston Martin Aramco Cognizant. Namun, ia secara mendadak diminta membela Williams Racing di sisa pekan balap untuk menggantikan Alex Albon yang mengalami radang usus buntu dan harus mundur.

Dalam balapan, de Vries secara sensasional finis kesembilan dan membawa pulang 2 poin. Tak hanya itu, ia juga mendapatkan status Driver of The Day berdasarkan voting penggemar. Prestasi inilah yang membuat Red Bull tertarik menggaetnya sebagai pengganti Pierre Gasly di AlphaTauri pada 2023.

Kelam Bersama AlphaTauri

Sayang, dalam 10 seri pertama musim ini, de Vries gagal meraih hasil impresif. Hasil terbaiknya adalah finis ke-12 di Seri Monako. Pembalap yang mengaku mendapatkan darah Indonesia dari kakeknya yang asal Malang ini terus digempur oleh kritik tajam dari Penasihat Red Bull, Dr. Helmut Marko.

Rumor didepaknya De Vries oleh AlphaTauri kemudian mulai menyeruak sejak seri kandang Red Bull, yakni GP Austria pada awal bulan ini. Red Bull dan AlphaTauri sempat membantah gosip ini, meski Marko terus melontarkan kritik tajam kepada de Vries.

Namun, usai finis ke-17 dua kali beruntun di Austria dan Inggris, de Vries akhirnya didepak oleh Red Bull dari AlphaTauri. Ia digantikan oleh pembalap cadangan Oracle Red Bull Racing sekaligus delapan kali pemenang Grand Prix, Daniel Ricciardo.

Masa Depan Nyck de Vries

Belum diketahui apa yang akan dilakukan de Vries untuk masa depannya. Namun, mengingat ia masih memiliki hubungan baik dengan Mercedes, ia berpotensi kembali menjadi pembalap cadangan mereka di F1. Meski begitu, jabatan tersebut saat ini dipegang oleh Mick Schumacher.

Berikut statistik prestasi Nyck de Vries.

2014 Eurocup Formula Renault 2.0: Juara
2014 Formula Renault 2.0 Alps: Juara
2015 Formula Renault 3.5 Series: Peringkat 3
2017 Formula 2: Peringkat 7
2018 Formula 2: Peringkat 4
2019 Formula 2: Juara
2020–2021 Formula E: Juara
2022 24 Hours of Le Mans (LMP2): Peringkat 4
2023: Formula 1: Peringkat 20 (sampai Seri Inggris)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Lewis Hamilton Resmi Pindah ke Ferrari

sekilasf1 | Pembalap kawakan Inggris, Lewis Hamilton dipastikan akan bergabung dengan Scuderia Ferrari mulai F1 GP 2025. Oleh karena itu, H...